Seminar Nasional Kebidanan 2018 – “Optimalisasi Peran Bidan dalam Menghasilkan Generasi yang Berkualitas”

Seiring dengan derasnya arus reformasi, kesadaran hukum masyarakat yang semakin meningkat, perubahan gaya hidup, budaya dan tata nilai masyarakat membuat masyarakat semakin peka menyikapi berbagai persoalan, termasuk memberi penilaian terhadap pelayanan yang diberikan oleh bidan. Dalam melaksanakan profesinya bidan tidak dapat melepaskan seluruh rangkaian tugas profesionalnya dari lingkup etika, kode etik profesi, dasar hukum dan aspek legal dalam praktik kebidanan. Kurangnya pemahaman bidan seputar aspek-aspek etikolegal yang berkaitan dengan profesi merupakan penyebab timbulnya sengketa dalam pelayanan kebidanan. Hal ini dapat dicegah jika bidan memahami batasan hak dan tanggung jawab ketika memberikan pelayanan kebidanan. Program studi DIII Kebidanan dan DIV Kebidanan berupaya menyelenggarakan pendidikan bidan yang berkualitas untuk menghasilkan Ahli Madya Kebidanan dan Sarjana Sains Terapan professional dan mandiri.

Poltekkes Palangka Raya sebagai institusi pendidikan tinggi kesehatan satu-satunya di Provinsi Kalimantan Tengah yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan visi menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional, kompetitif dan bermartabat tahun 2019, dipandang tepat untuk menyelenggarakan seminar nasional dengan topik optimalisasi peran bidan dalam menghasilkan generasi berkualitas.

Pada hari Sabtu tanggal  28 Juli 2018 telah dilakukan Kegiatan SEMNAS (Seminar Nasional) bertempat di Swiss Bell Hotel Danum, Jalan. Cilik Riwut Km. 4,5 Palangka Raya.

Oktaviani, S.SiT., M.Keb selaku Ketua Jurusan dan Ketua Panitia SEMNAS (Seminar Nasional) mengudang 3 narasumber yaitu drg. Yayu Indriaty, Sp. KGA (kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah), Yesie Aprilia, S.Si.T, M.Kes (Bidan Praktisi, Pendiri Bidan Kita, Penggiat Gentle Birth, Fasilitator Yoga), Dr. Jusuf Kristianto, MM. MHA. MPH, PhD (Dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta, Dosen Universitas Indonesia, Konsultan Rumah Sakit).  Dengan tema “Optimalisasi Peran Bidan dalam Menghasilkan Generasi yang Berkualitas”.

Narasumber
 drg. Yayu Indriaty, Sp. KGA (kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah)

Tujuan dari seminar ini yaitu Meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan Peserta Seminar tentang peran bidan dalam menghasilkan generasi yang berkualitas, maka diperlukan seminar nasional dengan melibatkan pemerintah daerah dan pakar kesehatan. Penyelenggaraan seminar ini sebagai bentuk kontribusi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dalam upaya meningkatkan kualitas profesi bidan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*